Pengertian Berita Kriminal Lengkap Beserta Contohnya

Sunday, July 01, 2018
pengertian berita kriminal lengkap
Ilustrasi Kriminalitas, Source : Levispace
Pengertian berita kriminal - Berita kriminal adalah berita atau laporan mengenai kejahatan yang diperoleh dari polisi-polisi. Berita yang termasuk ke dalam berita kejahatan adalah pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, pencopetan, pencurian, perampokan, narkoba, tawuran, penganiayaan dan sebagainya yang melanggar hukum.

Lihat juga : pengertian kriminalitas

Dimana dan kapan saja, berita kriminal mampu menarik perhatian khalayak untuk mencari tahu apa yang terjadi di sekitar mereka.

Secara harafiah kriminologi berasal dari kata ”crime” yang berarti kejahatan atau penjahat dan ”logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Apabila dilihat dari kata-kata tersebut. Kriminologi adalah pengetahuan kejahatan.

Berita kriminal dikemas berbagai macam hal seperti hard news, investigasi, komedi, soft news, pendalaman kasus permasalahan kriminal yang akan di bahas. Berita kriminal juga di kemas tidak dari sisi pelaku atau korban kejahatan saja, tetapi bisa di buat dari sisi profil seseorang yang di dunia kriminal sepertihalnya hansip, polisi, dan lain-lain.

Berita kriminal tidak hanya menampilkan kekerasan tetapi bisa menayangkan suatu perita pesan dan tips tentang jenis kriminalitas supaya audiens berhati dalam menangulangi dan mengatasi tindak kriminal, karena kejahatan dapat di cegah.

Contoh Berita Kriminal

Berita Hard News

Kepolisian masih menyelidiki ledakan diduga bom yang terjadi di kantor media Tabloid Modus Aceh di Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh yang terjadi pada Sabtu, 30 Juni 2018 sekitar pukul 04.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam ledakan yang tergolong ringan tersebut.

"Personel sudah turun ke lapangan menyelidiki peledakan Kantor Tabloid Modus Aceh. Berikan kesempatan bagi anggota mengungkap kasus ini," ujar Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto di Banda Aceh, Sabtu, 30 Juni 2018.


Berita Investigasi

Seorang teknisi listrik bernama Danny Paul Bible (67) membunuh putranya yang masih balita dan kakak iparnya pada tahun 1979 hingga 1983. Pria yang sempat menjalani profesi sebagai petugas gudang di Texas, Amerika Serikat ini juga membunuh dua orang lainnya secara sadis. 

Bible menerima suntikan mematikan pada Rabu, 27 Juni 2018 malam waktu setempat sebagai hukuman kasus perkosaan yang dilakukannya pada 1979, demikian dilaporkan Foxnews.com, Kamis, 28 Juni 2018.


Untuk contoh berita kriminal lainnya dapat dilihat di situs kriminologi.id sebagai rujukan dalam mengambil contohnya.

Source
https://asiaaudiovisualexc09adibganteng.wordpress.com/berita-kriminal/
https://kriminologi.id 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔